oleh

Peserta O2SN Perwakilan SBT, Resmi Dilepaskan

BULA-Peserta Olimpiade Olahraga Sains Nasional (O2SN) perwakilan kabupaten Seram Bagian Timur ( SBT ), Resmi dilepaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga, Achmat Rumaratu.

Pelepasan peserta O2SN ini berlansung dikantor dinas pendidikan SBT kemarin.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan SBT Achmat Rumaratu, mengatakan, sepuluh peserta O2SN ini telah dipercayakan mewakili SBT dalam ajang O2SN ke-XII tingkat Provinsi yang akan berlansung dalam minggu ini.

” mereka ini masih berada di bangku kelas IV dan V yang telah lolos mengikuti seleksi cabang olahraga dan mata lomba yang dilombakan pada tingkat kecamatan dan kabupaten beberapa pekan kemarin, dan saat ini dipercayakan mewakili kabupaten SBT untuk mengikuti ajang O2SN ke-XII tingkat Provinsi yang akan berlansung dalam pekan ini,” Ungkap Rumaratu.

Dikatakan, peserta O2SN ini akan mengikuti cabang olahraga dan mata lomba Kids atletik yang terdiri dari lari gawang, lempar turbo, lompat jauh, spritn gawang dan shalalom. Untuk Cabang Olah raga yaitu renang gaya bebas, Untuk bulu tangkis yaitu tunggal putra dan tunggal putri. Serta pencak silat yang terdiri dari tunggal putra dan tunggal putri,” Ungkap Rumaratu.

Lanjutnya, O2SN ini merupakan pendidikan yang mengembangkan bakat dan minat siswa, mengembangkan jiwa sportifitas, kompetetif, rasa percaya diri dan memiliki rasa tanggung jawab.

Sehingga, melalui O2SN inilah, pemerintah kabupaten melalui melalui dinas pendidikan SBT terus berupaya untuk meningkatkan mutu didik serta prestasi siswa dibidang olah raga dengan cara membina dan mempersiapkan olahragawan yang berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah karena, pendidikan bukan saja difokuskan disekolah yang mana hanya target kualitas akademik, akan tetapi juga menyangkaut aspek nonakademik, sehingga dengan begitu siswa diharapkan memperoleh pengalaman belajar yang utuh sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangannya.

Untuk itu, Melalui Ajang O2SN ini para peserta diharapkan dapat mengharumkan nama baik kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa dengan memperoleh nilai terbaik pada setiap mata lomba yang telah dilombakan.

Lanjutnya, Ujung tombak dari peningkatan mutu pendidikan adalah kegiatan proses pembelajaran disekolah dan akan lebih efektif, apabila ditujukan dengan kondisi kesehatan dan Daya reatifitas siswa yang baik.

” Kita terus berupaya untuk melaksanakan program-program peningkatan mutu penddidikan, pembelajaran akan lebih efektif, apabila ditujukan dengan kondisi kesehatan dan Daya reatifitas siswa yang baik,” Ungkapnya.

Dikatakan, Pendidikan diindonesia diarahkan untuk pembentukan jati diri yang seutuhnya, pendidikan bagian dari budi pekerti , memberi kontribusi yang besar terhadap pendidikan, pembentukan jati diri yang berakar pada budaya bangsa.

Mengenai O2SN ini, Rumaratu Akui bahwa ini merupakan perdana semasa pemerintahan Bupati Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati Fachri Husni Alkatiri. Namun kendati demikian, rumaratu selalu Optimis atas kesuksesan peserta O2SN.

Dikatakan, mengenai kesiapan panitia O2SN ini belum terlalu memadai, akan tetapi semangat dan upaya untuk meningkatkan mutu didik sehingga terus mendorong kesuksesan peserta.

Sepuluh peserta yang dikirimkan oleh pemkab SBT untuk mengikuti Ajang O2SN ini adalah upaya pemerintah kabupaten dan DPRD untuk mendorong mutu didik, sehingga melalui APBD, Pemkab mengganggarkan dana kegiatan dan didorong oleh DPRD SBT.

Kesiapan peserta dalam meraih juara pada ajang O2SN tingkat Provinsi ke-XII ini, Rumaratu sangat optimis memperoleh juara karena melalui tangan dingin sang pelatih Bripka Ali Lestaluhu, Ia memastikan SBT akan memperoleh juara.

” saya yakin bahwa melalui tangan dingin sang pelatih Bripka Ali Lestaluhu, Peserta Asal SBT akan memperoleh Juara. ( Abd ).

Loading...