oleh

Keliobas Buka Turnamen Catur SBT

BULA-Bupati Seram Bagian Timur ( SBT ) Abdul Mukti Keliobas dengan resmi membuka turnamen catur yang diselenggarakan oleh panitia Persatuan Catur Seluruh Indonsia ( Percasi ) kabupaten SBT.

Turnamen yang berlansung dibula, tepatnya jalan kelapa dua, Kamis (8/8) ini dihadir oleh seluruh OPD dan para peserta turnamen.

Sebelum turnamen dibuka dengan resmi oleh Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas, dalam sambutan singkatnya, Ia berharap agar turnamen yang diselenggarakan oleh percasi SBT ini, bisa melahirkan generasi catur yang baik di mata indonesia.

” Saya harap, melalui tangan percasi SBT, para generasi SBT bisa mampu memainkan permainan catur, mulai skla kabupaten sampai tingkat Nasional,” Ungkap Keliobas.

Selain itu, Keliobas juga menyentil tentang permainan catur, yakni dalam pandangannya, dikatakan bahwa Catur adalah sebuah permainan yang strategis, dimainkan pada sebuah papan persegi yang terbagi menjadi 64 kotak, dengan 32 buah catur yang terbagi sama rata dalam kelompok warna terang (“putih”) dan gelap (“hitam”). Permainan ini dimainkan oleh dua orang.

Sebelum bertanding, pemain harus mengetahui peraturan catur, kemudian memilih warna buah catur yang akan dimainkan. Masing-masing pemain memiliki 16 buah catur dengan bentuk dan nama yang berbeda untuk dimainkan.

Dalam permainan ini, Kata keliobas, terdapat satu raja, satu menteri, dua benteng, dua kuda, dua gajah, dan delapan bidak. Masing-masing buah catur juga memiliki aturan pergerakan yang berbeda-beda. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.

Untuk itu, Kata keliobas, Para peserta turnamen harus mampu memainkan permainan ini dengan baik. Agar kedepan bisa mewakili kabupaten SBT dikanca Nasional.

” saya harap, kedepan nanti, ada peserta yang mewakili maluku dalam pertandingan dikanca nasional,” Ungkap Keliobas.

Pantauan Media ini ditempat turnamen dibula, Kamis (8/8). Peserta turnamen berasal dari kecamatan bula, bula barat, dan teluk waru.

Sementara itu, Ketua panitia turnamen Hamdan Nurlete, Kepada Media ini pada saat berlansungnya pembukaan turnamen, Ia mengatalan, selain menyelenggarakan Turnamen catur, disamping itu gaple dan joker yang juga dilombakan.

Pergelaran turnamen catur yang berlansung di bula ini, Kata Nurlete, bentuk dari partisipasi panitia percasi SBT dalam meramaikan HUT RI Ke-74 di kabupaten SBT.

” Kami percasi SBT menyelenggarakan Turnamen ini guna meramaikan HUT RI Ke-74 di kabupaten SBT,” Ungkap Nurlete.

Lanjut Nurlete, peserta turnamen akan memperoleh hadiah berupa uang tunai.

Juara satu catur akan memperoleh uang tunai sebesar Rp 5 juta, untuk juara dua memperoleh Rp 3 juta, untuk juara tiga memperoleh Rp 2 juta. Dan untuk hadiah hiburan berupa uang tunai juga akan diberikan kepada juara empat Rp 1 juta. Untuk juara 5-10 akan memperoleh 250 ribu. Dan untuk juara 11- 20 akan memperoleh Rp 200 ribu.

Untuk diketahui pula bahwa, Peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti turnamen catur ini terdiri dari 80 peserta.

Sementara itu, Lanjut nurlette, adapun perlombaan gaple dan joker yang diselenggarakan oleh percasi SBT.

Untuk gaple, Juara satu memperoleh Rp 3 juta, juara dua Rp 1,5 Juta, dan juara tiga Rp 1 juta. Adapun hadia hiburan yang nantinya akan diberikan kepada juara 4-6.

Para peserta gaple ini terdiri dari 128 orang, Mereka akan bertanding merubut juara yang sudah ditentukan oleh panitia percasi.

Selain gaple yang memperoleh hadiah uang tunai, disamping itu permainan joker juga memperoleh uang tunai.

” Untuk peserta joker berjumlah 128 peserta, mereka akan merebut hadiah. Untuk juara satu Rp 2,5 Juta, juara dua Rp 1,5 Juta, juara tiga Rp 1 juta. Sementara untuk hadiah hiburan Rp 250 ribu akan diberikan kepada pemilik juara 4-8,” Ungkap Nurlette.

Mengenai peraturan dalam permainan catur, Nurlette memastikan bahwa peserta sudah mengetahui yakni diberikan kesempatan selama 20 menit untuk bertanding. Dan jika waktu habis dan belum ada yang mematikan lawan main, maka dilihat kualitas bidak catur. Apakah memunkin ada pemenang ataukah dimungkinkan untuk terjadi remis.

” nanti kita lihat, dari waktu bermain yang sudah ditentukan, jika waktu selesai namun belum ada pemain yang saling mengalahkan, maka bisa saja remis, dan bisa saja terjadi kemenangan,” Tandas Nurlette. ( Hyt03 ).

Loading...