oleh

Fakta Keberhasilan Pembanguna Pemerintahan Mukti Keliobas di Seram Bagian Timur

Bula.         Ali Ali pemerintahan Mukti-Fachri dalam memimpin SBT sejak dilantik Februari 2016 hingga Desember 2019 ini, dinilai Gagal, namun kini kata Gagal yang di alamatkan kepada pasangan dengan Jorgan MUFAKAT itu, terjawab dengan sejumlah progres pembangunan di Negeri Minyak itu, hingga kini pembangunan pun telah menyentuh sampai ke pelosok Kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa itu.

Hal ini sangat terlihat jelas pada sejumlah, Progres pembangunan jalan setiap hari makin rampung serta memutuskan keterisolasian di bumi raja raja itu.

Misalnya jalan penghubung antara kecamatan Bula, Bula Timur, Tutuk Tolu, kiandarat hingga Lian Fitu pun semakin menunjukan kemajuan yang sangat pesat.

Selain pembangunan jalan penambahan rute pelayaran kapal pun menjadi perhatian serius bagi Pemerintah SBT, yang menghubungkan kota Ambon, Bula geser, gorom, kesuy watubela hingga Kecamatan Teor, pun kini telah berjalan.

Lantas disebut kepemimpinan Mukti-Fachri dianggap gagal dari segi yang mana ?

Pemerintahan di bawah kendali Mukti-Fachri baru seumur jagung memimpinan kurang lebih 3 tahun 10 bulan, namun sejumlah akses keterisolasian pun telah di bangun dan bahkan sebagian telah rampung.

Belum juga di tahun 2019 ini, akses Telekomunikasi dibangun pada 20 lokasi dengan Kapasitas internet 4G dibangun di sejumlah Daerah, diantaranya, Desa Amarwatu, Kec. Gorom Timur, Desa Kufar, Kec. Tutuk Tolu, Desa Amarlaut, Kec. Wakate, Desa Tamher Warat, Kec. Wakate, Desa Batuasa, Kec. Werinama, Desa Gusalaut, Kec. Werinama, Desa Undur, Kec. Kilmury, Desa Likuratu, Kec. Kilmury, Desa Kilmuri, Kec. Kilmury Serta di Kecamatan Waru ada tiga titik yakni Desa Solan, Waru, Madak.

Demikian juga dari segi kesehatan, pembangunan dan perbaikan sarana puskesmas di 15 kecamatan di seram bagian, yang telah memenuhi sangat sebagai puskesmas rawat jalan, bahkan ada sebagian puskesma telah terakreditasi dengan nilai utama Seperti Puskesmas Amar Sekaru.

Wakil ketua komisi C Samad Rumakabis, menjelaskan Pemerintah Seram Bagian Timur, dibawah Nakodah Abdul Mukti keliobas ini, mengalami kemajuan yang sangat pesat meski Masi terdapat sejumlah kekurang.

“Progresnya cukup baik untuk pembangunan di SBT meski Masi mengelami kekurangan namun itu wajar, karena kepemimpinan ini baru berjalan 3 tahun 10 bulan” pungkasnya.

Hal senada juga di sampaikan ketua komisi B Ismail Rumbalifar dalam lawatan ke sejumlah daerah juga menjelaskan, ada peningkatan pembangunan yang sangat baik, hanya saja daerah kita berpulau pulau sehingga pembangunan itu belum terlihat secara merata dengan kasat mata.

“Pembangunan SBT Sangat baik, di erah pemerintahan Mufakat ini, terlihat pembangunan jalan, jembatan, sarana kesehatan, ini menunjukan bahwa ada progres maju yang baik, meski belum tuntas” pungkasnya

Rumbalifar berharap kedepan, di tahun 2020 ini, Mufakat Harus fokus guna menyelesaikan janji janji dimasa lampau atau janji kampanye 2015 lalu.

” saya berharap tahun 2020 ini pemerintah lebih konsen untuk menyelesaikan, sisa jabatan mereka” pungkasnya

Sala satu Aktivis Seram Bagian Timur Jamaludin Arey sangat mengapresiasi capaian pembangunan yang di masa pemerintah Mufakat ini.

Arey menjelaskan sebagai Aktivis harus melihat sesuatu dengan ril bukan mengada Ngada.

Arey menjelaskan sangat bersyukur Daerah Tutuk Tolu telah mengalami kemajua dengan adanya pembangunan akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Bula, Waru, Tutuk Tolu Kiandarat hingga ke Lian Fitu.

Jamaludin Arey menjelaskan, sebelumnya Warga Tutuk Tolo hingga Lian Fitu harus berjibaku dengan kondisi jalanan rusak dan banjir, kini warga di tiga Kecamatan tidak lagi merasakan merasakan itu, dimana pembangunan jalan sepanjang dari Desa Ga hingga ke Airnanang suda di Lapenkan oleh pemerintahan Mukti-Fachri sehingga tidak lagi cemas saat mudik kekampung.

“Dulu kami pulang kampung sangat kuatir dikarenakan jalanan yang parah dan berbatuan, tapi kini kami makin enjoy, terimakasi Bupati dan wakil Bupati atas perhatiannya” pujiannya

Progres pembangunan Kabupaten Bertajub Ita wotu Nusa itu, semakin terlihat kemajuan yang signifikan dibawah Kepemimpinan Abdul Mukti Keliobas yang menggunakan menggunakan Hati Nurani demi kemajuan Negeri tercinta Ita Wotu Nusa ini. BS01

Loading...