Redaksi
13 Jan 2021 13:26 WIT

KNPI SBT, Desak Kejaksaan Segera Periksa Adam Rumbalifar Kadis Koperindag SBT

Bula. Sbt.Liputan.co.id, Dana Bantua Sosial, Covid 19 Senilai 3.3 milyar rupiah pada dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi, usaha Mikro, Kecil dan Menengah Seram Bagian Timur, Maluku. Hingga saat ini belum selesai pelaporan penggunaan keuangan.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia, Seram Bagian Timur, Rusdy Rumata mendesak kejaksaan Negeri Seram Bagian Timur segera memeriksa Kadis Koperindag, Adam Rumbalifar.

Pasalnya dana Covid 19 yang diperuntukan untuk Bantuan Sosial senilai 3.3 milyar rupiah tahun 2020, tidak dapat di pertanggung jawabkan oleh dinas Koperindag yang di Pimpin Dosen MIPA Adam Rumbalifar.

Rumata juga menjelaskan, dari hasil investigasinya, dinas koperindag SBT, baru bisa melakukan laporan pertanggungjawaban penggunaan keuangan khusus untuk Bantuan sosial Covid 19 tahun 2020, sebesar 700 juta rupia dari Dana Covid senilai 3.3 milyar. 

Rusdy Rumata juga mengungkapkan, Dana senilai 3.3 Milyar tersebut, telah habis dipakai oleh dinas Koperindag SBT, namun tidak dapat di pertanggungjawabkan.

" Anggara (3.3 milyar ) itu Gedek lo, dan baru dapat di pertanggungjawabkan sebesar 700 juta rupiah, sisanya kemana, ini sangat keterlaluan" kesal rumata.

Rumata juga menjelaskan kecerobahan yang sangat dasyat dilakukan oleh kepala Dinas Adam Rumbalifar ini, juga bagian dari menciptakan bom waktu bagi Pemerintahan Seram Bagian Timur, Pasalnya pelaporan hasil pemeriksaan Keuangan Seram Bagian Timur, hingga saat ini terkendala alias tidak rampung di selesaikan.

Selain terkendalah, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan ( BPKP ) juga terus mengejar lapor penggunaan anggara senilai 3.3 milyar, namun Adam Rumbalifar seakan menghindar dari pelaporan tersebut.

Rusdy Rumata juga menegaskan Kejaksaan Seram Bagian Timur, mestinya tanggap terhadap masalah ini, karena rumata menduga ada bauh korupsi di Dinas Koperindag terhadap anggaran bantuan sosial Covid 19 tahun 2020 senilai 3.3 milyar.

"Kejaksaan Negeri Seram Bagian Timur, mesti tanggap terhadap masalah ini, karna saya menduga ada penyelewengan terhadap Anggaran Covid berbau korupsi di sana" dugaan ketua KNPI

Rusdy juga menjelaskan dalam waktu dekat, DPD KNPI SBT, akan melaporkan secara resmi di kejaksaan dan Polres Seram Bagian Timur. Agar Kadis Koperindag SBT Adam Rumbalifar Segera dipanggil dan diperiksa.

" Dalam waktu dekat kami akan datangi polres dan kejaksaan guna melaporkan hal ini, sehingga kadis koperindag Adam Rumbalifar di panggil dan diperiksa " tutupnya

Hingga saat ini, Kadis Koperindag Adam Rumbalifar tidak berkantor kurang lebi dua bulan terakhir serta nomor handphon pun tidak aktif.

Pasang sekarang

Liputan Seram Timur, Ringan dan Cepat
0 Suka