Redaksi
02 Dec 2020 02:04 WIT

KPU SBT, Dinilai Anggap Enteng Soal Rapid Tes Bagi Penyelenggara Tingkat Bawah

Bula. Kurang lebih sepekan lagi perhelatan Pemilihan, kepala daerah serentak tanggal 9 Desember 2020, akan di laksanakan. 

Namun hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum terkesan cuek dengan protokoler kesehatan, betapa tidak hingga H-7 jelang pemilihan, KPU SBT, terkesan tidak melakukan tes cepat atau Rapid Tes bagi penyelenggara di tingkat TPS. Bula 2 Desember 2020.

Padahal Rapid Tes Bagia penyelenggar di utamakan bahkan hukumnya Wajib, dilakukan Tes cepat atau Rapid Tes guna memastikan setiap penyelenggara pada pemilihan umum serentak ini bebas dari Virus Menular Covid 19. 

Sebagai mana diatur dalam PKPU nomor 6 tahun 2020, Pasal 5 Poin B, dimana para anggota Baik PPK maupun PPS wajib melakukan Rapid Tes, dua kali per tiga bulan.

Menurut salah satu, Aktivis Seram Bagian Timur, yang namanya enggang disebutkan ini, menjelaskan dalam pengamatan yang dilakukan di lapangan hingga H-7 ini tidak ada satu pun penyelenggar di tingkat kecamatan maupun Desa itu mengantongi surat Hasil Rapid Tes atau tidak dilakuka Rapid Tes bagi mereka. 

"Kami langsung turun dan melakukan pengamatan kami temukan tidak ada satu pun penyelenggara di Tingkat kecamatan PPK maupun PPS tidak memiliki Rapid tes'' ungkapan sumber yang enggang disebut namanya itu.

Dirinya menjelaskan PPK dan PPS hingga saat ini, tidak melakukan Rapid Tes, apalagi Anggota KPPS yang pada tanggal 9 Desember melakukan pemilihan dan perhitungan suara serta berkontak langsung dengan masyarakat ini, tak satu pun memiliki Rapid Tes.

"Kami takutkan, kampanye Protokol kesehatan yang di kumandangkan oleh KPU RI yang diatur dalam PKPU nomor 6 2020, pasal 5 Poin B, sengaja di abaikan oleh KPU SBT" tuturnya

Iya juga menduga, KPU SBT tidak mengindahkan perintah Undang Undang dalam menjaga Protokoler kesehatan pada Pilkada tahun 2020, di Kabupaten yang Bertajub Ita Wotu Nusa Itu.

" Kami menilai KPU, sengaja tidak patuhi, instruksi KPU RI untuk di lakukan Rapid Tes Bagi Seluruh Penyelenggara, tingkat bawah" ungkapnya.

Selain itu, iya menilai tidak adanya Rapid Tes ini, terkesan ada upaya pembiaran dan kesengajaan KPU SBT, untuk tidak petuhi perintah PKPU Nomor 6, dalam mengatasi Bencana Non Alam Corona Virus Disease ini.

Pasang sekarang

Liputan Seram Timur, Ringan dan Cepat
0 Suka