MK-IR Menang Di SBT, KPU SBT Diminta Segera Umumkan Quick Count Melalui E-Rekap
Pasangan Adil Ungguli Pasangan Faham 10 persen dan Nina Rama 15 perse
Redaksi
11 Dec 2020 02:49 WIT

MK-IR Menang Di SBT, KPU SBT Diminta Segera Umumkan Quick Count Melalui E-Rekap

Bula. Hingga saat ini, hasil Real Count data masuk berdasarkan C1KWK Tempat Pengumutan Suara ( TPS ) di 15 Kecamatan di kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku. Menempatkan pasangan Abdul Mukti Keliobas sebagai pemenang dengan suara terbanyak, dipilkada serentak 9 desember 2020 di 
Kabupaten Seram Bagian Timur. 

Hal ini, berdasarkan Rilist yang diterima Media Sbt.liputan.co.id.pada tanggal 10 Desember 2020. dari keseluruhan data yang masuk berdasarkan  C1KWK Plano telah hingga malam ini sebanyak 334 TPS yang datanya telah masuk dari 337 TPS yang tersebar di-Kabupaten Seram Bagian Timur.

Data yang masuk berdasarka  C1KWK Plano TPS ini, menempatkan pasangan Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur sebagai pemenang dalam pertarungan Pilkada serentak dengan perolehan suara sebanyak  30. 982 atau sebanyak 46 persen, sementara pasangan Fachri Alkatiri dan Arobi Kilian pada posisi kedua dengan jumlah suara sebanyak 20,429 atau sebanyak 31 persen serta pasangan Rohani Vanath dan Muhammad Ramli Mahu atau NINA RAMA pada urutan tiga dengan jumlah suara sebanyak, 15,380 suara atau 23 persen.

Dari hasil perhitungan secara Ril berdasarkan C1KWK ini, Pasangan Adil menang dengan selisi yang cukup segnifikan dimana, pasangan Adil menang dengan selisi suara sebanyak 10,553 suara dengan pasangan Faham serta Nina Rama dengan selisi 15.049 suara.

Meski demikian data yang belum masuk pada server pasangan Adili sebanyak 3 TPS, yakni TPS kulugowa dan TPS 1 dan 2 Lalasa yang bermasalah, namun angkah kemenangan yang di miliki oleh pasangan Adil Mustail untuk disamai oleh pasangan Faham dan pasangan Nina Rama.

ismail Rumbalifar, Tim Pemenang Pasangan Adil, kepada media ini menjelaskan, meski pasangan Adil memiliki angka kemenangan berselisi dengan pasangan Faham dan Nina Rama yang begitu segnifikan, Hingga 10,553, dirinya meminta kepada Tim Pemenang baik di tingkat TPS hingga Kecamatan agar terus melakukan pengawal ketat terhadap angkat kemenangan ini.

" Kami, berharap baik Tim pemenang tingkat desa, kecamatan hingga Tim Kabupaten, agar terus melakukan Proses pengawalan ketat, jangan lengah karena adalah kemenangan harga diri" Pungkasnya

Rumbalifar, meminta agar proses pengwalan ini diperketat, dikarenakan hingga saat ini, seluruh KPUD se indonesia telah merilist Quick Count hasil e-Sirekap KPU, namun hingga kini KPUD SBT belum merilis Hasil E-Rekap KPUD SBT bahkan link e-rekap KPU SBT pun tak bisa di buka.

"Kami perintah semua relawan dan simpatisan harus mengawal ketat, hasil pemilihan kemarin, karena kami sangat heran, kenapa KPUD SBT belum merilist E-Rekap KPUD hingga saat ini" tanya rumbalifar

Rumbalifar juga menduga jangan sampai ada upaya lain untuk sengaja mentabolasi hasil pilkada kemarin, jika bermasalah mestinya KPUD SBT, secara Resmi menyampaikan hal ini kepada publik sehingga publik tidak bertanya-tanya, yang kemudian menimbulkan kecurigaan terhadap penyelenggara.

"Mestinya ada masalah sistem KPUD harus memberikan pernyataan resmi sehingga publik jangan dibuat bingun seperti ini" tegasnya

Sementara itu, salah satu komisioner KPUD Taib Wansi yang di hubungi melalui via telp menjelaskan, untuk perekapan di tingkat TPS KPU SBT tidak menggunakan 
e-rekap karena tidak maksimal, dikarenakan server tidak bisa terhubung. 

" Servernya tidak maksimal, karena tidak bisa terhubung" jelas taib

Taib juga menjelaskan, saat ini link e-rekap yang di miliki oleh KPUD tidak bisa terhubung dan PPK tidak mengantongi salinan C1KWK, sehingga saat pleno di tingkat PPK, PPK akan melakukan Foto kembli terhadap C1KWK, dan menguplod pada link e-rekap KPUD SBT. 

"Kami akan turunkan akunnya ke PKK, dan PPK akan melakukan Foto kembali kemudian di lakukan penguplod terhadap C1KWK, karena salinan C1KWK TPS kemarin tidak di kantongi oleh PPK" pungkas Taib

Untuk di ketahui pada pilkada serentak 2020 kemarin, di Kabupaten Seram Bagian Timur Maluku, ada Tiga kandidat Calon BUpati dan Wakil Bupati bertarung pada 9 Desember kemarin, dimana pasangan Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur, mengungguli pasagan Fachri-Arobi dan Rohani-Ramli. dimana Adil Selisi dengan Faham 10 persen dan Nina Rama 15 persen.

Pasang sekarang

Liputan Seram Timur, Ringan dan Cepat
0 Suka